Cara Memperbaiki Rem Cakram Mobil Macet dan Penyebabnya

loading...

Cara Memperbaiki Rem Cakram Mobil Macet dan Penyebabnya – Jika kita kurang merawat kendaraan roda empat kebanggaan kita bisa mengalami kerusakan dan masalah yang lainnya, seperti kerusakan yang sangat ringan sampai kerusakan yang fatal. Sedangkan untuk komponen yang harus di jaga dan di rawat secara rutin yaitu sistem pengereman, jika sistem pengereman mobil ini rusak bisa mengakibatkan terjadinya kecelakaan.

Selain itu jika kita tidak rutin untuk merawat kendaraan ini ada beberapa kendala yang akan muncul karena para pemilik tidak rutin mengecek, biasanya jika mobil berjalan jauh dengan jarak 50.000km tak sedikit orang malas untuk mengecek kondisi mobilnya sendiri, karena akan mengakibatkan rem cakram mobil menjadi mecet. Oleh karena itu bila rem cakram rusak maka akan terasa tidak nyaman untuk di gunakan saat berkendara dan kanvas rem juga akan habis. Untuk itu kami sudah siapkan beberapa penyebab terjadinya rem cakram menjadi rusak, simak ulasannya di bawah ini.

cara-memperbaiki-rem-cakram-mobil-macet-dan-penyebabnya

1. Piston berkarat.

Minimnya perawatan pada bagian ini bisa mengakibatkan masalah yang cukup serius, misalnya pada karet penutup piston yang robek dibiarkan begitu saja akan mengakibatkan piston rem lengket dan berkarat. Hal ini tentu akan mengakibatkan piston tidak dapat kembali ke posisi sebelumnya dikarenakan lengket (piston akan mendorong kampas rem secara terus menerus). Lakukan lah pengecekan secara rutin pada bagian ini, jika terjadi kerusakan seperti yang telah disebutkan diatas maka bawa langsung ke bengkel untuk diperbaiki bila perlu diganti.

Untuk mengeceknya cukup mudah, lepaskan kanvas rem lalu pasang kembali tanpa kanvas. Selanjutnya mintalah bantuan teman atau siapapu untuk menginjak pedal rem secara perlah hingga piston tersebut keluar. Kemudian silahkan anda dorong piston tersebut memakai obeng, jika ketika didorong tidak bisa masuk kembali bisa dipastikan piston rusak atau mengalami masalah.Sementara untuk melakukan pengecekan pada pen kapiler apakah mengalmi masalah atau tidak, coba gerakan rumah piston tersebut maju mundur, jika tidak bergerak secara bebas maka pen kapiler mengalami masalah atau rusak, jadi anda perlu memperbaikinya atau menggantinya dengan yang baru.Pen

2. Kaliper Rem Macet.

Komponen yang perlu dicek berikutnya ialah pen kaliper rem cakram, fungsi dari komponen ini ialah tempat dudukan rumah piston supaya bisa bekerja maju mundur pada saat pedal rem ditekan. Jika pen caliper ini macet, kejadiannya akan sama seperti piston, rumah piston tidak akan dapat kembali ke posisi semula ketika pengereman selesai jadi piston akan tertekan terus menerus. Masih sama, lakukan pengecekan secara berkala jika terjadi kerusakan segera bawa ke bengkel untuk diperbaiki atau diganti dengan yang baru.

Baca juga : Gambar Modifikasi Interior Mobil Yang Keren

Inilah cara memperbaiki rem cakram yang macet pada mobil dan penyebabnya, yang sudah kami berikan di atas, yang perlu anda perhatikan yaitu pada saat rem rusak dan tidak bisa memperbaiki sendiri maka langsung di bawa ke bengkel terdekat. Semoga bermanfaat untuk anda semua terima kasih.

loading...
loading...
Cara Memperbaiki Rem Cakram Mobil Macet dan Penyebabnya | ajis persib | 4.5