Cara Mengatasi Knalpot Motor yang Nembak Dengan Mudah

loading...

Cara Mengatasi Knalpot Motor yang Nembak Dengan Mudah – Setiap kendaraan pasti memiliki sistem pengeluaranya masing-masing, termasuk kendaraan bermotor. Knalpot menjadi salah satu komponen kendaraan yang bentuknya seperti pipa dan berfungsi untuk mengalirkan gas sisa pembakaran. Dalam beberapa kasus penggunaan knalpot juga mengalami permasalahan dan salah satunya adalah knalpot nembak-nembak. Mengalami hal seperti itu tentu membuat kita merasa bising saat mengendarainya, selain itu orang lain yang ada disekitar juga akan merasa tidak tenang mendengarnya. Menganalisa terkait masalah tersebut memang ada beberapa penyebab knalpot motor nembak dan salah satunya adalah kerusakan di bagian penyuplai udara bersih yang menuju ruang pembakaran layaknya air screw karburator sudah aus atau settingan karburator kurang optimal.

Elemen Elektroda busi didalamnya memang terkadang sudah kotor, ini disebabkan adanya kerak sisa proses pembakaran sehingga menyebabkan terdapatnya percikan api yang tidak stabil, wajar jika knalpot motor anda nembak-nembak. Nah untuk solusi mengatasinya, silahkan anda simak informasi dibawah ini.

Cara Mengatasi Knalpot Nembak pada Motor

  1. Langkah pertama silahkan anda cek pilot screw atau angin angin maupun setelan karburator nya ,lalu anda stel sesuai dengan stelan standard motor yaitu 2,5 -3 putaran penuh atau bisa saja anda sesuaikan dengan kebutuhan mesin motor anda.
  2. Selanjutnya cek busi motor, bila kondisi busi dalam keadaan tidak layak untuk dipakai maka silahkan anda ganti yang baru, yang sesuai dengan anjuran dari pabrik, untuk penggantian busi dianjurkan harus diganti setiap kilometer 6000. Jangan lupa pula untuk menyetel ulang gap busi sampai jadi 0,7mm yang pasti harus menggunakan fuller gauge.
  3. Langkah ketiga, silahkan anda cek filter udara motor, karena jika filter dalam kondisi kotor maka dapat menghambat aliran udara ke karburator, maka akan menyebabkan tercampurnya udara dan bahan bakar menjadi akan lebih kaya. Akan lebih baik jika melakukan pergantian filter udara setiap kilometer 15.000 km.
  4. Berikutnya anda cek pada bagian selang vacum bahan bakar yang menyambung ke tangki motor, anda pastikan bahwa selang itu tidak bocor ataupun sobek. Sebab bila sobek akan menimbulkan masalah lagi nantinya.
  5. Langkah terakhir, anda melakukan pengecekan pada bagian AIS atau air induction system, AIS adalah komponen yang menambahkan udara bersih ke lubang buang, oleh karena itu hasil pembakarannya akan lebih ramah terhadap lingkungan. Pada umumnya membran AIS sering kali bermasalah,maka solusi yang terbaik adalah tutup selang AISnya menyambung ke lubang proses pembuangan tadi.

Baca juga : Cara Merawat Motor Matic Agar Performa Terjaga

Sekian informasi yang dapat kami bagikan kali ini tentang Cara Perbaiki Knalpot Motor yang Nembak. Semoga dapat menjadi gambaran untuk anda yang ingin mengatasi knalpot motor anda nembak-nembak. Terima kasih.

loading...
loading...
Cara Mengatasi Knalpot Motor yang Nembak Dengan Mudah | dedi berkah | 4.5