Cara Merawat Mesin Mobil Bekas Yang Baik Agar Selalu Enak

loading...

Cara Merawat Mesin Mobil Bekas Yang Baik Agar Selalu Enak – Memiliki kendaraan adalah semua keinginan setiap orang akan tetapi pada saat ingin mempunyai sebuah kendaraan ada alternatif untuk membeli kendaraan yang baru yaitu mobil bekas. untuk itu tidak ada salahnya bila anda ingin membeli sebuah kendaraan roda empat yang bekas, selain itu pada saat memilih kendaraan mobil bekas yang masih prima tentunya saja dari segi biaya dan bagaimana caranya anda merawat mobil tersebut.

Hanya saja anda harus hati-hati jika kendaraan yang sudah terkena banjir atau juga terendam oleh banjir, karena dapat menyusahkan anda, mulai dari mesin yang jadi basah karena banjir sampai sistem kelistrikan menjadi rusak, untuk itu seperti yang kita ketahui bersama jika pada bagian kelistrikan terkena banjir dan juga di ruang interior, tangki bahan bakar dan masih ada yang lainnya.

Untuk itu jika kita membicarakan mobil bekas, dan pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai tips merawat mobil bekas yang benar. Simak ulasannya di bawah ini.

cara-merawat-mesin-mobil-bekas-yang-baik-agar-selalu-enak

  1. Lakukan perawatan pada cat mobil, pastikan terbebas dari air dengan kandungan asam tinggi seperti air laut dan air hujan karena mampu merusak cat mobil serta body mobil yang anda miliki.
  2. Lakukan langkah Tune up sesekali atau setiap dua bulan sekali, hal ini demi memastikan filter bahan bakar, busi dan oli bekerja dengan baik dan optimal.
  3. Timing belt diganti secara berkala, bagian yang satu ini adalah sabuk dengan fungsi meneruskan rotasi roda -roda gigi yang tersambung ke bagian dalam mesin. Usia dari timing belt sendiri biasanya bisa dilihat dari jarak tempuh yakni setiap 40.000 km.
  4. Perhatikan kondisi dari komponen kaki-kaki mobil, misalnya rem, sil-sil, ban hingga skok/per, pastikan semua komponen tersebut dalam kondisi prima.
  5. Periksa bagian radiator, pasalnya komponen ini memiliki fungsi sebagai pendingin suhu mesin mobil. Dalam sistem penggunaannya, air pada radiator perlu diganti berkala dan periksa juga apakah telah terjadi kebocoran, jika radiator mengalami kebocoran segera perbaiki ke bengkel terdekat.
  6. Gantilah oli secara berkala, hal ini dimaksudkan karena oli berfungsi meminimalisir gesekan internal antara komponen dalam mesin, oli yang usang atau jumlah yang berkurang tentu akan sangat berpotensi dalam menimbulkan gesekan antar komponen sehingga membuatnya cepat aus dan rusak. Maka dari itu lakukan pergantian oli secara berkala sesuai jarak tempuh mobil dan kebutuhan mesin mobil itu sendiri.
  7. Jangan sampai tangki kehabisan bahan bakar, jika hal ini terjadi akan mengakibatkan karat pada tangki sehingga menjadikannya bocor.

Baca juga : 5 Cara Merawat Cat Mobil Agar Selalu Kinclong Mengkilap

Mungkin itu saja bahasan kali ini mengenai cara merawat mobil bekas dengan baik dan benar, semoga bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih.

loading...
loading...
Cara Merawat Mesin Mobil Bekas Yang Baik Agar Selalu Enak | ajis persib | 4.5