Cara Merawat Transmisi Mobil Agar Selalu Optimal

loading...

Cara Merawat Transmisi Mobil Agar Selalu Optimal – Untuk kendaraan sepeda motor pada sistem transmisinya itu mempunyai peranan yang terpenting dan harus merawatnya dengan benar dan baik. Namun kebanyakan orang tidak pernah merawat atau memperhatikan pada bagian yang penting ini, apakah mereka belum mengetahui bagaimana caranya merawat komponen yang satu ini.

Selain itu untuk perawatan yang sangat sederhana yaitu cukup dengan mengganti oli transmisi secara berkala sampai dapat terjaga kesehatan pada komponen tersebut. Untuk itu saat menggunakan olinya tidak bisa sembarangan, olinya khusus untuk transmisi yang berbeda dari oli untuk mesin. Selain itu untuk mengganti oli di lakukan setiap 10.000 km untuk transmisi manual dan 20.000 km untuk transmisi automatic.

cara-merawat-transmisi-mobil-agar-selalu-optimal

Jika kita kurang memperhatikan atau juga merawat kendaraan sendiri, akan mengakibatkan transmisi menjadi bocor dan oli akan cepat habis. Untuk kebocoran pada transmisi tersebut ada beragam penyebabnya, dengan kurangnya mengencangkan baut penutup sampai sel inner yang robek. Untuk itu anda harus periksa bagian yang satu ini supaya mengurangi tingkat kerusakan yang akan membuat oli transmisi menjadi kering. Bila mengalami kerusakan anda harus perbaiki atau juga bisa langsung melakukan pergantian.

Tidak hanya masalah tersebut, cara berkendara anda juga merupakan langkah perawatan pada sistem transmisi pada mobil, bila pada saat anda berkendara sembarangan tentunya dapat membuat komponen transmisi menjadi aus dan mengalami kerusakan. Seperti anda akan parkir dengan memposisikan gigi dalam keadaan yang netral, selain itu banyak orang yang beranggapan memasukkan gigi saat parkir merupakan langkah keamanan karena ini tidak semuanya benar, hal ini bisa membuat komponen pada transmisi menjadi rusak sampai yang paling parah bisa mengakibatkan pengemudi mobil itu menjadi bahaya. Untuk itu kami sudah menyiapkan beberapa cara perawatan pada transmisi, simak ulasannya di bawah ini.

  1. Langkah yang pertama anda harus memposisikan gigi satu atau L pada saat berada di jalanan turunan yang curam atau juga tanjakan
  2. Posisi gigi transmisi di 2 itu untuk jalan dengan tanjakan rendah dan turunan
  3. Untuk kecepatan yang tinggi atau jarak tempuh yang jauh, dan posisi transmisi di Over Drive supaya konsumsi bahan bakar mesin tetap rendah, di posisi 3 atau D
  4. Lalu pada posisi transmisi P atau parkir di gunakan pada saat mobil sedang di parkir

Baca  juga : Tips Cara Merawat Karpet Mobil Agar Awet dan Bersih

Mungkin itu saja ulasan yang kami berikan pada anda tentang “Tips Merawat Transmisi Mobil”, semoga bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih.

loading...
loading...
Cara Merawat Transmisi Mobil Agar Selalu Optimal | ajis persib | 4.5