Cara Mudah Mengecek Pulser Motor yang Rusak

loading...

Cara Mudah Mengecek Pulser Motor yang Rusak – Pulser menjadi salah satu part yang ada pada tiap-tiap kendaraan yang memiliki fungsi sangat penting didalamnya, Pulser merupakan komponen sebagai pembaca sinyal (pulse) untuk menentukan waktu pengapian, keberadaaya pada bagian luar magnet yang menempel di crankcase (blok mesin) biasanya ada di dalam bagian girboks mesin yang sebelah kiri. Pulser ini berbentuk kotak kecil yang berwarna hitam dan ada 2 buat baut pada bagian kanan serta kirinya untuk melekatkannya pada badan blok mesin.

Pulse maupun sinyal yang dibaca oleh pulser didapat dari adanya tonjolan di lingkar luar magnet (tonjolan ini yang disebut pick-up pulser). Putaran magnet yang mengaju pada putaran kruk as mengakibatkan singkronisasi antara gerakan naik turun piston (sesuai dari siklus mesin) beserta waktu pengapian. Sinyal dari pulser ini akan dibaca CDI kemudian CDI memerintahkan koil buat melepas beban tegangannya mengarah pada busi dan busi bakal memercikkan api.

Bila kumparan pulser mati maka dapat dipastikan tidak akan ada arus listrik dan hal ini yang menyebabkan mesin sulit dihidupkan sebab CDI tidak dapat menerima perintah waktu kapan mesti memercikan api. Lantas bagaimana cara cek pulser motor? Mengecek pulser adalah hal yang perlu dilakukan, karena dengan pengecekan kita akan tahu apakah masalah mesin sulit dinyalakan karena ada di bagian pulser bermasalah atau malah pada part lainnya. Untuk itu diulasan kali ini kami ingin berbagi trik cara mengecek pulser motor dengan mudah, simak tutorialnya yang ada dibawah ini.

Cara Mengecek Pulser Sepeda Motor Memakai Avometer :

  1. Langkah pertama anda siapkan Avometer yang merupakan alat untuk mengecek pulser pada sepeda motor.
  2. Langkah kedua untuk cara cek pulser motor dengan avometer silahkan anda setel avometer pada knop ke X10.
  3. Langkah ketiga untuk cara mengecek pulser motor dengan avometer selanjutnya anda colokan probe yang berwarna merah serta hitam pada bagian terminal pulser.
  4. Langkah keempat cara cek pulser motor berikutnya bila sudah jarum avometer akan menunjuk pada angka 400 ohm maka itu menandakan pulser yang ada dalam kondisi baik, akan tapi jika kurang dari 400 ohm maka pulser harus segera diganti.
  5. Selesai.

Baca juga : Cara Memperbaiki Kompresi Motor Yang Bocor

Seperti itulah informasi yang dapat kami bagikan kali ini mengenai Tips Cara Mengecek Pulser Motor yang Rusak. Sekian, semoga apa yang kami share bisa bermanfaat dan menjadi bahan referensi buat anda semua. Terima kasih.

loading...
loading...
Cara Mudah Mengecek Pulser Motor yang Rusak | dedi berkah | 4.5