Inilah fungsi Relay Pada Kendaraan dan Cara Penggunaannya

loading...

Inilah fungsi Relay Pada Kendaraan dan Cara Penggunaannya – Pertemuan kali ini yang akan kami bahas ialah fungsi relay dan penggunaan pada kendaraan. Yang sudah anda ketahui rellay adalah sebuah komponen elektronik dan 2 bagian dari elektromagnetik seperti kumparan atau kontak poin. rellay juga salah satu komponen yang mengalirkan arus untuk listrik yang besar sehingga menjadi kecil. Oleh karna itu relay digunakan untuk rangkaian lampu pada kendaraan. relay ini mempunyai empat terminal diantaranya terminal 30 dengan terminal 87 sudah berhubungan sama kontak pada poin dab dan terminal 85 dengan terminal 86 sudah terhubung juga dengan elektromagnetik. Nah, jika ingin elas anda juga bisa lihat gambar sebagai berikut:

Fungsi relay pada kendaraan yaitu elektromagnetik swictch yang biasa disebut saklar. Cara kerja relay adalah pada waktu kumparan atau yang biasa disebut elektromagnetik yang dialirkan melalui aliran listrik pada terminal 85 dengan 86, lalu elektromagnetik tersebut menimbulkan medan magnet.

inilah-fungsi-relay-pada-kendaraan-dan-cara-penggunaannya

Nah, dengan adanya kemagnetan trsebut yang menarik pada kontak poin dan sudah bisa tersambung dengan teminal 30 dengan 87. itulah cara kerja relay, apakah anda sudah mengerti ? Mungkin inilah gambaran supaya anda lebih mengerti.

Bukan hanya 4 terminal saja relay juga mempunyai 5 sampai 6 terminal, cara kerjanya sama saja, cuma pebedaannya dengan kontak poin yang diperbanyak. Relay 5 terminal tersebut terdapat relay 87 dan relay 87a, terminal 87a ini biasanya kebalikan dari relay terminal 87 yang artinya disaat tehubung teminal 87 dengan terminal yang 30, maka teputuslah terminal 87a dengan terminal yang 30 oleh karna itu sebaliknya.

Ada 2 perbedaan untuk piranti relay yaitu relay close dan relay open. Relay open ini pada saat normal yang mengalir pada terminal 85 dan terminal 86 maka tidak terhubung dengan terminal 87 dan terminal 30. untuk relay close adalah sebaliknya pada saat nomal teminal 85 dan terminal 86 tidak akan mengalir ke arus listrik, maka yang akan terhubung pada terminal 30 dan terminal 87.

Relay juga bisa membuat lampu terang pada kendaraan sepeda motor. dengan menyalurkan arus listri ke aki dan langsung salurkan ke lampu bagian kepala dengan melalui terminal 87 dan terminal 30 pada relay. sehingga arus listrik akan mengalir melalui rangkaian sehingga menghidupkan elektromagnetik.

Baca juga : Cara Membersihkan Injektor Motor Dengan Mudah

Selain untuk membuat lampu motor menjadi terang, relay juga bisa untuk membuat konci pengaman yaitu dengan menggunakan saklar dengan relay lalu sambungkan arus listrik pada koil.

Demikian informasi dari saya tetan penggunaan dan funsi relay, Semoga bisa bermanfaat bagi anda.

loading...
loading...
Inilah fungsi Relay Pada Kendaraan dan Cara Penggunaannya | udin nayla | 4.5