Penyebab dan Cara Mengatasi Overhead Pada Mobil

loading...

Penyebab dan Cara Mengatasi Overhead Pada Mobil – Jika kita membicarakan mengenai kendaraan mobil tentunya tidak akan habis-habisnya, hal ini terbukti tiap tahunnya pasti sudah ada dengan produk yang terbaru dari beragam varian mobil yang berada di dunia. Hanya saja pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai cara mengatasi mesin mobil overhead. Biasanya jika mobil mengalami overhead itu karena menggunakan mobil terlalu lama maupun mobil menempuh jarak yang jauh.

Mungkin saja mobil membawa barang yang berlebihan pada saat di muat pada mobil bisa mengalami terjadinya overhead maupun mobil mobil dapat mengalami panas yang berlebihan pada mesin. Untuk itu jika anda mengunakan mobil dengan jarak yang jauh maupun dalam menggunakan mobil yang sangat lama. Untuk itu simak ulasan di bawah ini.

Penyebab dan Cara Mengatasi Overhead Pada Mobil

  • Pastikan pompa pada air radiator berjalan dengan sempurna.
    Hal ini bisa mengakibatkan air yang di pompa dari mesin ke bagian radiator dapat menghambat sehingga pasokan air akan berkurang jika pompa tidak berjalan dengan baik.
  • Pastikan thermostat tidak mengalami kemacetan
    Jika hal ini yang terjadi maka mobil akan cepat panas, karena thermostat macet maka tidak dapat mengaliri air dari mesin ke bagian pendingin.
  • Anda periksa pada selang radiator
    Jika keadaan selang radiator sudah lama maka selang itu di ganti dengan yang baru, supaya bisa meminimalisir terjadinya kebocoran pada selang, untuk itu anda sebaiknya mengecek pada selang radiator dengan baik.
  • Pastikan kipas radiator berputar dengan maksimal
    Untuk itu anda harus memastikan apakah kipas berputar atau tidak, karena jika tidak berputar tidak bisa mendinginkan air radiator dengan baik, selain itu air radiator akan cepat mengalami panas dan mobil bisa terjadi overhaed.
  • Pada bagian radiator ada yang bocor
    Jika terjadinya kebocoran pada bagian radiator maka mobil akan cepat panas, hal ini tidak ada air radiator yang mendinginkan mesin, untuk itu anda harus mengecek pada bagian radiator supaya tidak terjadi kebocoran.
  • Pada penutupan bagian radiator kurang kencang
    Sebaiknya anda harus memastikan menutup kencang bagian radiator karena jika tidak air akan cepat habis. Hal ini akan mengakibatkan air akan menguap jika tidak di tutup dengan kencang.

Adapun untuk cara memperbaiki mobil saat terjadi overhead.

  1. Jika ada asap yang keluar dari kap depan mobil anda, anda sebaiknya pada saat itu mematikan mesin dan tidak perlu cepat-cepat untuk mengecek kap depan mobil anda, ada baiknya tunggu hingga asap itu hilang semua.
  2. Pada saat mesin mengalami overhead anda harus mematikan mesin lalu mobil anda tepikan di pinggir jalan agar tidak mengganggu kendaraan yang lain, lalu tunggu beberapa detik hingga mesin kembali normal lagi.
  3. Saat mobil dalam keadaan normal sebaiknya anda melakukan pengecekan pada bagian air reservoir.
  4. Bila mesin sudah mengalami overhead sebaiknya anda mengecek bagian mesin jika anda mengerti mengenai mesin dan sudah mengetahui masalahnya itu apa, anda cepat melakukan perbaikan pada mesin mobil anda.
  5. Selain itu jika sudah mengalami overhead anda sebaiknya mengecek pada bagian air radiator, yang perlu di ingat anda sebaiknya tidak membuka tutup air radiator karena akan mengakibatkan semburan yang keluar dan bisa melukai tangan anda karena air yang panas.

Baca juga : Cara Copot Stiker Motor / Mobil Tanpa Bekas Lem

Mungkin itu saja bahasan kali ini mengenai Cara mengatasi mesin mobil overhead, semoga bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih.

loading...

Incoming search terms:

  • penyebab mobil overhead
  • penyebab ninja rr overhead
loading...
Penyebab dan Cara Mengatasi Overhead Pada Mobil | ajis persib | 4.5